Macam- macam Batik Indonesia disukai Dunia

8 Dec 2012

Pengakuan UNESCO Terhadap Batik Indonesia

batik asli indonesiaUNESCO secara resmi mengakui Batik Indonesia, di buktikan dengan dimasukkannya ke dalam Daftar Representatif sebagai Budaya Tak-benda Warisan Manusia (Representative List of the Intangible Cultural Heritage of Humanity) dalam Sidang ke-4 Komite Antar-Pemerintah tentang Warisan Budaya Tak-benda di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab.

UNESCO memasukkan Batik Indonesia ke dalam Daftar Representatif karena telah memenuhi beberapa kriteria, antara lain kaya dengan simbol-simbol dan filosofi kehidupan rakyat Indonesia, serta memberi kontribusi bagi terpeliharanya warisan budaya tak-benda pada saat ini dan di masa mendatang. Dalam menyiapkan nominasi, para pihak terkait telah melakukan berbagai aktivitas, termasuk melakukan penelitian di lapangan, pengkajian, seminar, dan sebagainya untuk mendiskusikan isi dokumen dan memperkaya informasi secara bebas dan terbuka.

Dengan kreasi warna, motif dan bahan yang berkualitas tinggi, batik Indonesia pun dipuja pihak internasional. Delegasi negara-negara anggota Organisasi Kerja sama Islam (OKI) memuji batik Indonesia yang dipamerkan di Katumbiri Expo 2012.

Batik Tancep Menembus Eropa

batik pekalonganhal ini dibuktikan dengan semakin diminati di pasar nasional dan internasional, salah satunya “batik tancep” yang menembus pasar Eropa dan Singapura. Batik motif asli Kabupaten Gunung Kidul, Daerah Istimewa Yogyakarta

Motif-motif tersebut merupakan motif pakem keluaran dari keraton. Batik tulis tancep berbahan dasar khusus seperti primisima dan mori sanforized ini sehingga batik ini semakin diminati berbagai macam kalangan.

Manca negara saja menyukai batik kita, kita sebagai warga indo nesia harus lebih menyukainya

Batik Tetap di Cinta di Dlam Negeri

batik cirebon

batik cirebon

PT Bank Negara Indonesia (Persero) atau Tbk menerbitkan tiga varian kartu debit baru. Ketiga varian kartu debit tersebut menggunakan motif batik Cirebon.

Tiga varian kartu debit baru itu adalah kartu debit Gold dan Platinum bagi pemegang Taplus BNI serta debit Platinum untuk pemegang Taplus Bisnis. Selama ini, pemegang Taplus hanya memiliki satu opsi kartu debit, yakni kartu Silver, begitu juga pemilik Taplus Bisnis hanya berkesempatan memegang satu jenis kartu debit, yakni kartu Gold.

tetap lestarikan batik kita, sebelum warisan budaya kita hilang


TAGS batik indonesia batik tancep batik tancap jenis batik batik internasional dunia batik pembuatan batik motif batik ciri batik baju batik tas batik batik troso tenun troso pewarnaan batik batik modern batik kontemporer


Comment
  • islam didadaku 2 years ago

    semoga akan terus menambah harus nama Indonesia ke seluruh dunia

  • R Ayi Hendrawan S 2 years ago

    wis keren.. Andai ku punya baju motif batik cirebon kaya yg di atas pasti mantap ;)

  • Review 2 years ago

    sudah seharusnya kan dunia mengakui budaya indonesia. budaya yang paling unik dan lengkap ya cuma di indonesia

  • kiki 2 years ago

    Saya juga bangga kalau batik di indonesia di akui di seluruh dunia

  • Batik Madura 3 years ago

    Batik Indonesia keren, apalagi saat ini hampir semua daerah di Indonesia memiliki batik dg ciri khas daerah masing2

-

Author

Follow Me

Search

Recent Post